Selasa, 09 Juni 2009

Teknik NLP 3 ( Teknik Untuk bisa FOKUS)

TIP PRAKTIS NLP :

COUNT DOWN GOAL "TEKNIK MELATIH KETAJAMAN FOKUS"

12 Maret 2007 Krishnamurti

Umumnya orang tahu bahwa FOKUS adalah kunci sangat penting untuk berhasil dalam bidang apapun. Dan, berpegang pada hukum vibrasi yang menyatakan bahwa apapun yang kita berikan energi, akan bertumbuh. Maka, jika kita sangat FOKUS pada sesuatu hal yang kita inginkan, akan semakin besar pula energi yang kita berikan padanya. Sangat pasti bahwa semakin cepat pula kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Sungguh sangat sederhana proses ini. Dan, tentunya impian/tujuan/goal/outcome ini atau apapun namanya, sudah selaras dengan misi kita.

Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah mengapa kita sulit sekali FOKUS? Penyebab utamanya adalah karena di kehidupan moderen ini kita dilatih untuk terbiasa banyak memiliki pilihan, sehingga kita tidak terlatih atau tidak terbiasa untuk FOKUS.

Berikut ini adalah teknik melatih FOKUS yang idenya saya dapatkan saat saya ikut pelatihan "Dynamics of Deep Transformation" bersama salah satu Guru NLP Generasi ke 3 menurut Robert Dilt yakni Peter Wrycza, PhD di Bali Agustus tahun lalu. Karena adanya undangan dari salah satu perusahaan MLM terbesar di Indonesia untuk mengisi sesi Motivasi selama 2 jam dan salah satu bagiannya adalah bagaimana untuk FOKUS, akhirnya munculnya ide latihan ini.

Berikut tip praktis melatih FOKUS ala NLP racikan saya:

1. Untuk latihan ini, paling baik carilah tempat yang sangat berisik atau ciptakan suasana yang berisik, misal: putar musik rock yang keras (Bingung, kan? Maklum ini teknik ala NLP racikan saya he..he..)

2. Karena ide latihan ini adalah menghitung mundur (count down goal), maka pilihlah sebuah angka tertinggi yang Anda ingin lakukan, misal: Anda mau mulai dari 20, 30, 50 atau 100. Mulailah latihan dari angka yang mudah dicapai dulu, baru coba ke angka yang lebih tinggi.

3. Baik sekali catatlah jam, menit & detik saat Anda mulai.

4. Bayangkan impian/tujuan/goal/outcome Anda dan berikan nomor 1.

5. Pejamkan mata (boleh tidak) dan konsentrasi pada nafas Anda, setelah tenang (baca: konsentrasi) baru lanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Mulailah kegiatan menghitung mundur (contoh angka tertinggi adalah 30) berikut:

Tarik nafas dalam perlahan, tahaaan, saat hembuskan nafas katakan dalam hati 30.

Tarik nafas dalam perlahan, tahaaan, saat hembuskan nafas katakan dalam hati 29.

Tarik nafas dalam perlahan, tahaaan, saat hembuskan nafas katakan dalam hati 28.

Terus lanjutkan sampai Anda mencapai angka 1 yaitu impian/tujuan/goal/outcome.

Anda boleh teriak keras atau kepalkan tangan saat mencapai angka 1 ini.

Boleh juga gunakan kalimat sugesti: "Ya, akhirnya AKU BISA!"

7. Buka mata perlahan dan catat jam, menit & detik saat ini.

8. Rasakan perasaan Anda saat ini dan nikmati. Jika Anda merasa perlu men-deskripsikan perasaan Anda saat ini berupa kata-kata, silahkan. Misalnya yang saya lakukan: "Sungguh Engkau Maha Besar"

Kapan waktu paling tepat untuk melatihnya?

Kapan saja saat ada waktu lowong, misal: di mobil saat jalanan macet, tentu Anda dalam posisi sebagai penumpang. Sebelum kelas pelatihan mulai, malam hari sebelum tidur atau kapanpun Anda merasa Anda perlu untuk FOKUS pada sebuah kegiatan atau aktifitas.

Setelah latihan beberapa kali, lihatlah hasil catatan waktu Anda, maka akan ditemukan pattern (pola kegiatan) diri Anda. Mungkin, Anda sangat semangat diawal, namun gampang hilang FOKUS di akhir. Atau, pikiran Anda sering melanglang buana entah kemana, sehingga Anda lupa pada Outcome Anda. Pola yang baik tentunya konsisten. Semakin berlatih, maka Anda semakin konsisten pada proses pencapaian Outcome Anda.

Kalau begitu, berlatihlah, berlatihlah & berlatihlah!

Krishnamurti

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar