Selasa, 09 Juni 2009

Teknik NLP ( Teknik Bisa Optimalkan Kerja Pikiran)

TIP PRAKTIS NLP :

TO DO LIST "TEKNIK SEDERHANA OPTIMALKAN KERJA PIKIRAN"

19 Maret 2007 Krishnamurti

Bagaimana meningkatkan motivasi kerja? Salah satu cara yang efektif adalah optimalkan seluruh potensi diri Anda semaksimal mungkin dengan memiliki kemampuan mengatur kegiatan kerja yang sangat padat SENDIRIAN saja tanpa sekretaris? Bagaimana caranya? Sangatlah mudah. Kuncinya: kenali cara kerja Unconcious (Pikiran Bawah Sadar=UC) Anda dengan benar dan seringlah bicara dengan dia karena dia sangatlah hebat dan pandai. Jadi ngapain mikir, gitu lho?

Biarkan saja UC Anda yang sangat JAGO tersebut mengaturkan prioritas kerja Anda sehingga hasilnya akan sangat produktif & sangat efektif. Lalu, Anda fokus pada kegiatan besar yang selaras dengan misi Anda.

Rahasia Pertama melatih UC Anda dalam catat mencatat semua kegiatan ini adalah menggunakan PENSIL. Mengapa? Karena pensil bisa dihapus sehingga jadual kegiatan kerja Anda gampang dipindah (pelajari teknik NLP tentang Submodalities, maka Anda akan menemukan jawabannya mengapa harus gunakan pensil).

Rahasia Kedua adalah gunakan buku Agenda Kerja MANUAL (bukan PDA atau sejenisnya. Mengapa? Rasakan saja sendiri manfaatnya di UC Anda he..he..) yang bisa ditulis tangan dengan pensil, gunakan agenda tahunan (widening), bulanan, mingguan dan harian (deepening). Nah, fokus mengatur prioritas kerja produktif dan efektif adalah pada kegiatan kerja HARIAN yang harus fleksibel karena sangat tergantung pada situasi dan kondisi saat itu. Kegiatan ini kita sebut saja TO DO LIST.

Berikut ini adalah panduan melakukan TO DO LIST:

1. Catat semua kegiatan kerja tambahan apapun yang ingin dikerjakan hari esok atau hari berikutnya (diluar yang sudah pasti dan terjadual) yang muncul dalam benak Anda pada Block Note, hindari mencatat dengan urutan angka (1,2,3...8), cukup gunakan kotak atau bulatan, contoh:

O Bank BCA: Setor dan bayar Kartu Kredit Citibank.

O Email: Proposal PT. ABC & kalimat motivasi

O Buat Tagihan ke PT. XYZ

O Meeting (dadakan) dengan Metro TV

2. Pada malam hari sebelum pergi tidur, susunlah semua kegiatan kerja yang akan dilakukan hari esok pada sehelai kertas atau halaman depan Block Note, usahakan satu halaman saja. Susunlah berdasarkan prioritas urutan waktu dan tetap gunakan kotak atau bulatan pada tepi kiri kegiatan kerja.

3. Sebelum tidur, bicaralah pada Unconcious Anda untuk minta bantuan dia mengatur prioritas kegiatan kerja esok hari dari yang paling penting, jika masih ada yang tertinggal dan belum dicatat, mohon bantu diberitahu. Lalu, biasanya sayapun tertelaaap...

Oh ya, saya biasanya selalu sediakan kertas dan pensil disamping ranjang jika UC saya tiba-tiba membangunkan untuk mencatat hal-hal baru yang belum ada di catatan TO DO LIST saya. Atau, kadang-kadang UC memunculkan ide baru yang cemerlang. Wow, luar biasa UC Anda, bukan?

4. Saat bangun pagi, Anda akan menemukan diri Anda secara otomatis mengatur ulang semua jadual kegiatan hari ini berdasarkan prioritas paling penting sesuai saran terbaik dari UC Anda semalam saat Anda tertidur. Mudah dan efektif, bukan?

5. Lakukan kegiatan kerja yang telah Anda susun untuk hari itu dan SELESAIKAN SATU per SATU (hindari cara kerja lompat-lompat atau setengah-setengah), coret atau beri tanda "V" (tik) pada bulatan kegiatan kerja yang telah selesai dilaksanakan. Rasakan deh ada perasaan puas dan nyaman setelah berhasil mengerjakan semua kegiatan kerja yang telah disusun oleh UC Anda semalam.

6. Untuk kegiatan kerja yang belum atau belum selesai dilaksanakan hari ini dan dirasa masih penting untuk dilakukan, dapat pindahkan ke hari berikutnya dan disusun ulang tingkat prioritasnya.

Teruslah lakukan kegiatan ini sampai menjadi terbiasa (Unconcious Competence) dan jangan heran diri Anda akan makin termotivasi, makin termotivasi dan makin termotivasi untuk terus beraktifitas dan berkarya. Sukses besarpun akan menanti karena hasil dari sukses-sukses kecil Anda hari ini.

Ingat pepatah: Semakin Keras Anda Berkerja, Semakin Sulit Anda Menyerah.

Krishnamurti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar